PEMETAAN LOKASI WISATA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS: PULAU LOMBOK)

  • Gilang Ramdhani Putra Teknik Informatika Universitas Mataram
Keywords: Kata kunci: Sistem Informasi Geografis, Metode Prototyping, Android Apps, Google Maps, Lombok

Abstract

Lombok merupakan salah satu tujuan wisata yang semakin popular bagi wisawatan nusantara (wisnus) maupun wisata mancanegara (wisman).Pada tahun 2019 Lombok juga mendapatkan gelar sebagai “Destinasi Wisata Halal” terbaik di Indonesia oleh Indonesia Muslim Travel Index (IMTI). Berkat popularitasnya yang meningkat, menjadikan Lombok sebagai salah satu tempat berwisata yang digemari oleh wisatawan. Berdasarkan survei yang telah dilakukan, kendala dari pihak Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat yaitu masih belum adanya aplikasi terkait dengan wisata alam di pulau Lombok. Narasumber dari pihak Dinas Pariwisata NTB merasa membutuhkan sebuah sistem yang dapat menginformasikan terkait dengan wisata alam di pulau Lombok untuk mempermudah wisatawan dalam mencari lokasi wisata yg diinginkan, serta dapat menjangkau seluruh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Berdasarkan hasil survey terhadap 47 responden terkait dengan pulau Lombok, dan google maps didapatkan hasil 88,2% mengenal pulau Lombok karena wisata alamnya, dan 70.2% responden sering menggunakan aplikasi google maps untuk mencari lokasi yang diinginkan dan 100% responden setuju dengan dibuatnya aplikasi ini.  Untuk itulah, dalam penelitian ini akan dibuat suatu Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Lokasi Wisata Alam Dengan Menggunakan Metode Prototyping Berbasis Mobile dengan harapan dapat membantu Dinas Pariwisata NTB dalam meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat terutama para wisatawan. Pada perancangannya, aplikasi ini akan menggunakan bahasa pemrograman Kotlin, serta framework CodeIgniter sebagai pengaksesan API yang memanggil query pada database.

 

 

Published
2020-07-29
Section
Articles