RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI QURANU (AL-QUR’AN TUNARUNGU) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKSESIBILITAS BELAJAR BACAAN AL-QUR’AN BERBASIS WEBSITE
Design and Development of Information System Quranu (Al-Qur’an Tunarungu) as an Effort to Improve Accessibility of Quranic Reading Learning Based on Website
Abstract
Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang menjadi pedoman hidup bagi setiap muslim, termasuk penyandang disabilitas tunarungu. Di Indonesia, khususnya Nusa Tenggara Barat, terdapat 3.921 penyandang disabilitas tunarungu berusia 5 tahun ke atas. Jumlah yang cukup tinggi ini memerlukan peningkatan aksesibilitas pendidikan agama, terutama cara membaca Al-Qur'an. Sayangnya, kurangnya juru Al-Qur'an isyarat dan pendidikan intensif dari lingkungan sekitar sering menghambat proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal ini, dikembangkanlah website Quranu, sebuah platform yang memfasilitasi belajar Al-Qur'an Isyarat di mana saja dan kapan saja. Pengembangan Quranu menggunakan metode waterfall, yang memastikan sistematik dan keteraturan dalam prosesnya. Quranu berhasil dikembangkan dengan lima fitur utama, yaitu pembelajaran Al-Qur'an, Kisah Nabi, dan latihan soal, yang telah diterapkan kepada 83 pengguna. Pengguna ini terdiri dari penyandang disabilitas tunarungu, orang tua, dan pengajar Al-Qur'an isyarat di Nusa Tenggara Barat. Berdasarkan survei kepuasan pengguna, lebih dari 96% responden memberikan penilaian baik hingga sangat baik pada berbagai aspek yang diukur. Hasil ini menunjukkan bahwa Quranu telah dirancang dan dikembangkan dengan sukses, sesuai kebutuhan pengguna.