https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/issue/feed Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI) 2024-03-31T14:22:59+08:00 Royana Afwani begati@unram.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Begawe Teknologi Informasi adalah jurnal ilmiah pengabdian masyarakat bidang Teknologi Informasi dan Aplikasinya disingkat dengan <strong>JBegaTI. JBegaTI</strong> diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Mataram, sebagai wadah publikasi hasil pengabdian masyarakat maupun diseminasi teknologi yang original dibidang teknologi informasi, ilmu komputer dan aplikasinya.<strong> JBegaTI</strong>&nbsp;adalah&nbsp;<strong>open access</strong>&nbsp;jurnal&nbsp;dengan&nbsp;<strong><em>e-ISSN: 2746-0983 </em></strong>dan proses review secara&nbsp; <em>blind</em>&nbsp;&nbsp;dan&nbsp;<em>peer-review&nbsp;</em>&nbsp;yang&nbsp; dilakukan oleh sekurang-kurangnya &nbsp;satu orang reviewer.&nbsp;&nbsp;<strong>JBegaTI</strong>&nbsp;memiliki Jumlah terbitan sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan <strong>Maret </strong>dan&nbsp;<strong>September</strong>.</p> <p>Bidang fokus<strong> JBegaTI</strong> adalah karya ilmiah hasil pengabdian masyarakat dan deseminasi teknologi pada bidang Teknologi Informasi, Ilmu Komputer, dan Sistem Komputer yang meliputi sub-sub bidang berikut:</p> <ul> <li class="show">Kecerdasan buatan dan aplikasinya,</li> <li class="show">Penambangan data,</li> <li class="show">Vision komputer dan Pengenalan pola,</li> <li class="show">Sistem informasi,</li> <li class="show">Pengolahan citra dan tutur,</li> <li class="show">Jaringan komputer dan IoT,</li> <li class="show">Komunikasi data dan sistem keamanan,</li> <li class="show">Bio-informatika dan aplikasinya,</li> <li class="show">Interaksi Manusia-Komputer,</li> <li class="show">Rekayasa Perangkat Lunak dan pengembangannya.</li> </ul> https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/1057 Rancang Design UI/UX Website Portofolio pada Perusahaan PT Kresna Karya Menggunakan Figma 2024-03-31T14:22:59+08:00 I Made Agus Tresna Agus agustresna@mhs.unram.ac.id Heri Wijayanto heri@unram.ac.id I Putu Widanta putuwidanta@gmail.com <p>UI adalah&nbsp; pengguna antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem atau perangkat lunak. Dan UX adalah pengalaman pengguna yang diperoleh dari interaksi dengan suatu produk atau layanan. Dan Portofolio adalah sebuah kumpulan keterangan dari proyek atau sebuah pencapaian yang bisa diimplementasikan pada media apa saja. Pentingnya pembuat design kali ini adalah mengacu pada semakin pesatnya perkembangan teknologi yang dimana jika ingin mencari informasi pada sesuatu bisa hanya dengan melalui internet. Dengan pembuatan UI/UX kali ini perusahaan bisa mempunyai gambaran sebuah website portofolio mereka jika diimplementasikan ke dalam sebuah website. Dengan mencakup informasi penting yang mereka punya yang bisa menunjang kinerja perusahaan mereka yang di mana jika seseorang ingin tahu hasil kinerja atau informasi perusahaan mereka hanya bisa dengan membuka website portofolio yang di mana jika sudah diimplementasikan dari design UI/UX yang sudah dibuat.</p> 2024-03-31T13:25:17+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI) https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/1153 Pembuatan Motif Batik Sasambo Secara Digitalisasi 2024-03-31T14:22:55+08:00 Sri Endang Anjarwani endang@unram.ac.id Budi Irmawati endang@unram.ac.id Moh. Ali Albar endang@unram.ac.id Noor Alamsyah endang@unram.ac.id Nadiyasari Aghita endang@unram.ac.id <p>Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang keberadaanya dijadikan hari batik nasional dan diakui oleh UNESCO pada 2 Oktober 2019. Indonesia memiliki berbagai ciri khas batik yang dibuat disesuaikan dengan buadaya setiap wilayah atau daerah. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meluncurkan Batik sasambo pada &nbsp;17 April 2010 dengan motif-motif batik khas budaya, &nbsp;kuliner, dan alam sekitar. Batik <strong>Sasambo</strong> berasal dari perpaduan budaya Suku Sasak, Samawa, dan Mbojo<strong>.</strong></p> <p>Motif dan corak batik sasambo&nbsp; yang dibuat diantaranya motif &nbsp;kangkung, rumah adat, cabe, hewan, stegnograf (gempa),&nbsp; kendang belik dan kerang. Terdapat beberapa industri batik sasambo salah satunya yaitu Batik Sasambo Bumi Gora (SBG) yang terletak di Kelurahan Perampuan&nbsp; kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat, cara pembuatan motif&nbsp; batik masih secara manual yakni menggambar pola &nbsp;pada kertas HVS selanjutnya digunakan sebagai master yang selanjutnya dapat dijiplakan pada kain. Penyimpanan gambar motif yang berupa &nbsp;kertas dimasukan kedalam <em>Clear Holder</em> atau amplop sehingga rawan terhadap kerusakan. Pada batik SBG menghasilkan jenis batik cap, printing, dan batik tulis.</p> <p>Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan usaha pengrajin batik dengan pengelolaan dan kreasi motif batik melalui kegiatan pelatihan digitalisasi pembuatan motif batik sasambo sehingga dapat meningkatkan ketrampilan para dalam medesain motif batik sesuai dengan ciri khas yang ada dan dengan mudah dapat mengkreasikan dengan berbagai motif yang lain. Melalui kegiatan pelatihan diharapkan para pengrajin dan pengusaha batik mampu meningkatkan usahanya dengan mengembangkan motif yang beragam dan bisa memenuhi pesanan dari para pencinta batik. Dengan pemanfaatan komputer dan penggunaan perangkat lunak desain grafis seperti Figma, maka diharapkan para pengrajin dapat membuat motif sesuai yang diinginkan, memilih dan memberikan warna, dapat&nbsp; melakukan perubahan dengan mudah, dan motif dapat tersimpan dengan baik. File dari motif tersebut dapat digunakan sebagai master motif batik yang tersimpan secara digitalalisasi dapat dimanfatkan kembali jika sewaktu-waktu diperlukan kembali.</p> 2024-03-31T13:30:41+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI) https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/1171 Pelatihan Penggunaan Aplikasi “Perisai Bumil-Plus” Terkait Gizi dan Hidrasi Kehamilan pada Ibu Hamil Binaan Ebsco Community 2024-03-31T14:22:53+08:00 Erry Yudhya Mulyani erry.yudhya@esaunggul.ac.id Mariyana Widiastuti erry.yudhya@esaunggul.ac.id Nizirwan Anwar erry.yudhya@esaunggul.ac.id Adhelin Maharani erry.yudhya@esaunggul.ac.id <p>Kejadian penyakit infeksi yang tinggi di masa kehamilan dapat mempengaruhi pertumbuhan janin. Selama kehamilan, tubuh mengalami perubahan drastis pada komposisi cairan tubuh. Kegiatan ini mencakup beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan, yaitu; sosialisasi kepada ibu hamil dengan seminar melalui metode ceramah-diskusi secara online, pembagian kelompok (FGD), wawancara <em>In-depth</em>. Kegiatan ini melibatkan 40 orang ibu hamil yang bekerja maupun yang tidak bekerja (IRT) dengan rata-rata usia ibu 28 sampai 35 tahun. Ibu hamil berpartisipasi dalam acara sosialisasi yang dilakukan selama 60 menit. Sebagian besar ibu (lebih dari 50.0%) mengetahui pengetahuan tentang gizi dan hidrasi kehamilan. Hasil wawancara menunjukkan bahwa sebagian besar ibu mengalami peningkatan pengetahuannya sebesar 70.0% tentang gizi dan hidrasi kehamilan. Sementara itu, perilaku ibu hamil terkait penerapan menu gizi seimbang selama hamil sebagian besar sudah menerapkannya (&gt;70.0%). Agar lebih maksimal, perlu dilakukan kegiatan secara terprogram dengan konsistensi dari sisi waktu dan tahapan dalam pemberian materi sehingga memudahkan subjek dalam memahami informasi yang diberikan.</p> 2024-03-31T13:31:55+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI) https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/1172 Pemanfaatan Mesin Absensi Berbasis RFID sebagai Media Absensi Sholat Berjamaah pada Santri Pesantren Alam Sayang Ibu Lombok Barat 2024-03-31T14:22:49+08:00 Nadiyasari Agitha nadiya@unram.ac.id Budi Irmawati budi-i@unram.ac.id Sri Endang Anjarwani endang@unram.ac.id Royana Afwani royana@unram.ac.id Moh. Ali Albar albar@unram.ac.id <p>Madrasah Sayang Ibu (MSI) terletak pada Jalan Sonokeling no.46 Desa Sayang Ibu Dasan Griya Utara Lingsar Lombok Barat merupakan Madrasah setingkat dengan Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah. MSI mengusung kelas alam untuk santri-santrinya. MSI menjadi Madrasah alam yang mengedepankan lebih dari sekedar belajar di dalam alam yang hijau, rindang, asri dan menenangkan. MSI menerapkan prinsip-prinsip menyeluruh (holistik) dalam pendidikan melalui berbagai model pembelajaran/kegiatan kreatif. Dikarenakan banyak program yang dimiliki oleh MSI menyebabkan terlambatnya dalam pelaporan setiap program. Kegiatan yang dilakukan oleh MSI terkait juga dengan pelaksanaan sholat lima waktu yang harus dilakukan secara berjamaah. Setiap sholat berjamaah, santri diwajibkan untuk absen dengan menandatangani pada kertas yang disediakan. Permasalahan yang terjadi adalah banyaknya santri yang mengantri tanda tangan sehingga menyebabkan terlambatnya mengikuti sholat berjamaah. Dengan adanya sistem RFID, santri dapat melakukan absensi dengan cepat dan tidak lagi terlambat sholat berjamaah.</p> 2024-03-31T13:53:15+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI) https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/1175 Memperluas Jangkauan Global: Pengembangan Situs Web untuk Kantor Urusan Internasional Universitas Mataram Menggunakan CMS Wordpress 2024-03-31T14:22:46+08:00 Hasbiallah Al Amin f1d020023@student.unram.ac.id Ariyan Zubaidi zubaidi31@unram.ac.id <p>Dalam menghadapi perkembangan teknologi yang pesat, Universitas Mataram memutuskan untuk meningkatkan infrastruktur digital, khususnya dalam konteks hubungan internasional. Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Mataram, yang didirikan pada tahun 2010, menjadi entitas krusial yang bertugas memfasilitasi kerja sama internasional. Pada tahun 2020, dimulai proyek pengembangan situs web kantor untuk keperluan sistem informasi terpusat bagi mahasiswa asing dan mitra asing. Namun, setelah peninjauan, ditemukan bahwa informasi dalam situs web KUI Universitas Mataram tidak diperbaharui dan memiliki antarmuka pengguna yang buruk. Oleh karena itu, perbaikan situs web KUI Universitas Mataram menjadi suatu kebutuhan yang mendesak. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat (instansi) ini, dilakukan pengembangan dan restrukturisasi situs web menggunakan Content Management System WordPress, dengan fokus pada identifikasi dan implementasi pengelolaan yang efektif. Evaluasi antarmuka dan sistem dilakukan dengan metode System Usability Scale, menghasilkan nilai akhir 87 yang menunjukkan bahwa situs web yang dikembangkan dianggap sangat mudah digunakan, efisien, dan intuitif oleh responden. Situs web ini tidak hanya memenuhi kebutuhan kantor, tetapi juga dapat dengan mudah diadaptasi dan dipelihara. Rekomendasi yang diajukan adalah agar lembaga melibatkan end-user dan pemangku kepentingan dalam memberikan umpan balik serta melakukan pengujian fitur secara berkala dengan kelompok pengguna yang beragam.</p> 2024-03-31T13:57:30+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI) https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/1176 Pengujian Multiplatform pada Aplikasi NTB Mall 2024-03-31T14:22:41+08:00 Muhammad Dzulhi Raihan dzulhiraihan@gmail.com Nadiyasari Agitha nadiya@unram.ac.id Ario Yudo Husodo ario@unram.ac.id Fitri Bimantoro bimo@unram.ac.id Budiman Rabbani manbudi590@gmail.com <p>NTB Mall merupakan inovasi dari Dinas Perdagangan Provinsi NTB untuk memasarkan produk-produk asli yang dibuat oleh para UMKM di daerah pulau Lombok dan Sumbawa Aplikasi &nbsp;NTB Mall, sebagai sebuah sarana jual beli online berbasis aplikasi dan web tentunya harus kompatibel untuk Aplikasi NTB Mall adalah wujud nyata dari komitmen untuk memajukan perekonomian daerah ini. Aplikasi ini dirancang sebagai wadah digital yang memungkinkan para pelaku usaha di Lombok dan Sumbawa untuk memasarkan produk-produk mereka secara lebih luas, bahkan hingga ke seluruh penjuru Indonesia dan luar negeri. Dengan demikian, NTB Mall memberikan aksesibilitas yang lebih mudah bagi konsumen untuk menemukan, membeli, dan mendukung produk-produk lokal yang berkualitas tinggi dan berkarakter unik. Dalam pengembangan aplikasi NTB Mall ini perlu dilakukan beberapa tesiting pada aplikasinya. Pentingnya pengujian multi-platform dalam konteks ini tidak bisa diabaikan. &nbsp;Pengujian multiplatform dilakukan agar aplikasi dapat beradaptasi dengan kebutuhan pengguna khususnya yang merupakan Pedagang Kaki Lima (PKL) sehingga mereka dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan sebaik mungkin. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan didapatkan hasil berupa pada sistem IOS dan Android mencapai kesesuaian 87.5% dan pada system Web Browser mendapatkan Tingkat kesesuaian sebesar 91.6%.</p> 2024-03-31T14:00:22+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI) https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/1180 Sosialisasi Pemasaran Digital Bagi Petani dan UMKM di Desa Mujur, Lombok Tengah, NTB 2024-03-31T14:22:37+08:00 Gibran Satya Nugraha gibransn@unram.ac.id Ramaditia Dwiyansaputra rama@unram.ac.id Fitri Bimantoro bimo@unram.ac.id Arik Aranta arikaranta@unram.ac.id <p>Upaya Pemerintah Republik Indonesia dalam mendorong kemandirian desa melalui optimalisasi pemasaran hasil bumi menggarisbawahi pentingnya integrasi strategi pemasaran digital di pedesaan. Pengabdian ini mengeksplorasi kasus Desa Mujur di Pulau Lombok, yang dikenal sebagai "bumi Sasak" dan memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Dengan mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani, Desa Mujur menghadapi tantangan dalam memperluas pasar lokalnya, yang sebagian besar terbatas pada penjualan hasil bumi di pasar atau kerja sama dengan toko dan kios lokal. Pengabdian ini menyoroti pentingnya pemasaran digital sebagai alat untuk meningkatkan potensi pendapatan lokal dengan mencapai konsumen di luar wilayah geografis desa. Temuan dari survei Badan Pusat Statistik pada tahun 2022 menunjukkan bahwa penggunaan platform pesan instan, media sosial, dan marketplace merupakan strategi pemasaran digital yang paling banyak digunakan oleh pedagang online. Pengabdian ini menggaris bawahi bagaimana sosialisasi dan pemanfaatan teknologi digital dapat menjadi faktor krusial dalam era digital saat ini, tidak hanya untuk perusahaan besar tetapi juga untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), dalam meningkatkan penjualan dan memperluas pasar dalam lingkungan yang kompetitif. Platform digital seperti media sosial, e-commerce, dan aplikasi mobile menawarkan peluang baru yang belum pernah ada sebelumnya. Proses sosialisasi memungkinkan pelaku usaha memahami dan mengimplementasikan strategi digital yang efektif, termasuk pemasaran digital, SEO (Search Engine Optimizer, dan penggunaan media sosial untuk promosi, serta mengoptimalkan pengelolaan toko online. Oleh karena itu, sosialisasi teknologi dalam penjualan tidak hanya fokus pada adopsi alat baru, tapi juga pada transformasi mindset dan model bisnis, yang esensial untuk pertumbuhan dan keberlangsungan usaha di masa depan.</p> 2024-03-31T14:03:48+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI) https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/1181 Rancang Bangun Sistem Informasi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat Berbasis Website 2024-03-31T14:22:33+08:00 Salsabilla Mantika salsabillamntka@gmail.com Santi Ika Murpratiwi santiika@staff.unram.ac.id Lulu Irawati dkp.kab.dompu1@gmail.com <p>Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan kebijakan pada bidang ketahanan pangan dengan fokus utamanya adalah memastikan ketersediaan pangan yang berkualitas bagi masyarakat. Saat ini, proses penyebaran dan pengelolaan informasi pada Dinas Ketahanan Pangan tidak optimal dan belum memenuhi aspek fungsionalitas. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perancangan ulang sistem informasi berbasis website. Perancangan sistem informasi ini dilakukan melalui diskusi bersama dengan pembimbing lapangan mengenai fitur inti yang dibutuhkan dalam website seperti fitur unggah dokumen, fitur blog untuk menginformasikan program kerja secara terperinci, fitur galeri untuk menampilkan dokumentasi kegiatan, fitur kontak untuk memudahkan komunikasi antara masyarakat dan Dinas Ketahanan Pangan, serta fitur agenda dan pengumuman untuk menampilkan jadwal dari program ketahanan pangan yang akan dilakukan. Setelah tahap diskusi mengenai fitur inti yang diperlukan selesai, langkah selanjutnya ialah mengimplementasikan hasil diskusi tersebut dalam bentuk rancangan dan pembuatan website. Melalui perancangan dan pembuatan sistem informasi baru berbasis website yang berjudul "Rancang Bangun Sistem Informasi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat Berbasis Website" maka proses penyebarluasan informasi terkait program kerja Dinas Ketahanan Pangan dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan aksesibilitas informasi bagi masyarakat Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat.</p> 2024-03-31T14:06:41+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI) https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/1183 Analisis Sistem Informasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat Menggunakan System Usability Scale 2024-03-31T14:22:29+08:00 Dewi Putri Cantica dewiputeri1520@gmail.com Andy Hidayat Jatmika andy@unram.ac.id Raphael Bianco Huwae raphael.bianco.huwae@unram.ac.id Dwi Ratnasari dwi.ratnasari@unram.ac.id <p>Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat seluruh lapisan kehidupan masyarakat mengalami dampaknya. Salah satu elemen kehidupan yang turut serta ikut dalam perkembangan teknologi adalah bidang pemerintahan. Penggunaan teknologi pada bidang pemerintahan salah satunya ditandai dengan penggunaan website sebagai media informasi atau sistem informasi suatu instansi. Website ini dijadikan wadah media penyebaran informasi yang ada pada instansi, misalnya pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi Nusa Tenggara Barat. Sistem informasi ini diharapkan dapat menjadi sarana penghubung antar pejabat pemerintah dengan masyarakat. Seiring dengan penggunaan website sebagai media informasi, dibutuhkan suatu sistem atau metode yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan website tersebut. Salah satu metode yang digunakan adalah metode SUS (System Usability Scale) yang digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu sistem dan mengukur tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan suatu sistem informasi. Dalam pengujian sistem pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi Nusa Tenggara Barat menggunakan metode SUS (System Usability Scale) untuk mengukur sejauh mana perspektif pengguna terhadap website tersebut. Pada pengujian ini responden akan memberi nilai pada setiap item pertanyaan yaitu dengan skala 0-4. Subjek pengabdian ini berjumlah 30 orang (N=30) di mana responden berasal dari mahasiswa aktif. Hasil reliabilitas dan validitas pada SUS menunjukkan bahwa kuesioner SUS memiliki tingkat reliabilitas yang cukup baik.</p> 2024-03-31T14:08:26+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI) https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/1184 Pemberdayaan Strategis Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Korea Dan Bisnis Digital Pada Masyarakat Lombok 2024-03-31T14:22:25+08:00 I Wayan Agus Arimbawa arimbawa@unram.ac.id P. Permadi Kusuma ppermadik195@gmail.com Dirga Jayusman dirga.jayusman@mhs.unram.ac.id M. Jonathan Andara melkijonathan2@gmail.com Muh. Firdaus muhfirdaus0805@gmail.com N.P. Ayu Gita Saraswati gitasaraswati48@gmail.com N.J. Alifa Yasri nalajihan15@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan pelaksanaan dari tanggung jawab perguruan tinggi dalam pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Secara khusus, KKN merupakan bentuk pengabdian langsung mahasiswa kepada masyarakat, di mana menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan untuk kepentingan langsung masyarakat. Program KKN Universitas Mataram bersama Seoul National University bertujuan mengembangkan keterampilan dan memberdayakan masyarakat Lombok melalui pelatihan produk bisnis digital, bahasa Korea dasar, bahasa Korea untuk bekerja (EPS-Topic), bahasa Korea untuk pariwisata, dan bahasa Korea untuk bisnis. Ini diharapkan dapat memberikan bekal bagi masyarakat Lombok untuk bekerja atau melanjutkan pendidikan di Korea.</span></p> 2024-03-31T14:10:15+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI) https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/1188 Sistem Informasi Profil SDN 1 Mambalan Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall 2024-03-31T14:22:21+08:00 Muhammad Dinul Fitrah dinullllll2@gmail.com I Gede Pasek Suta Wijaya gpsutawijaya@unram.ac.id Awaluddin kepsekmambalan@gmail.com <p>Di era melek teknologi yang serba menggunakan internet ini, website merupakan salah satu media penyampaian informasi secara cepat dan efektif. Yang terjadi di SDN 1 Mambalan, pemanfaatan teknologi informasi belum sepenuhnya dimanfaatkan seefektif mungkin dikarenakan belum memiliki website sekolah resmi untuk dijadikan sebagai media informasi seputar SDN 1 Mambalan. Website sekolah yang dibuat dapat dijadikan sebagai media penyampaian informasi yang dapat diakses oleh siswa, guru, maupun pihak luar sekolah.Website SDN 1 Mambalan ini berisikan informasi tentang profil sekolah yaitu Deskripsi, strukur organisasi, visi dan misi,data guru dan staff yang ada pada SDN 1 Mambalan, Data orang yang bertanggung awab atas website ini, berita dan pengumuman yang akan dibagikan. Website sekolah ini juga menjadi salah satu sarana siswa untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dimana dapat memberikan informasi mengenai perkembangan sekolah. Pembuatan website sekolah ini menggunakan html dan database &nbsp;untuk memudahkan pengguna website dalam mengelola data yang ada pada sekolah.</p> 2024-03-31T14:12:07+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI) https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/1189 Perancangan Front-End Website Inventori Barang dengan Bootstrap di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat 2024-03-31T14:22:17+08:00 Jasmine Nabila Ayoedya jasmine.nabila03@gmail.com Ida Bagus Ketut Widiartha widi@unram.ac.id Sena Puja bappenda@ntbprov.go.id <p>Perkembangan teknologi yang semakin canggih kerap dimanfaatkan untuk penyebaran informasi. Informasi dapat diperoleh dari sebuah sistem informasi, seperti website. Dewasa ini, sebuah instansi lazimnya memiliki sistem informasinya sendiri, sehingga Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BAPPENDA) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) membutuhkan sebuah sistem informasi yang berbasis website. Website Inventori barang tersebut dibangun menggunakan framework bootstrap dengan tujuan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan inventaris barang. Proses pengujian dilakukan menggunakan kuesioner dengan 8 responden. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh hasil bahwa responden setuju atau menerima website inventori barang BAPPENDA Provinsi NTB yang telah dibangun.</p> 2024-03-31T14:15:58+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI) https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/1191 Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Menggunakan Zabbix Berbasis SNMP pada UPT Pusat Teknologi Informasi dan Komputer (PUSTIK) Universitas Mataram 2024-03-31T14:22:13+08:00 Rosalina Rosalina rosaaaaa174@gmail.com Raphael Bianco Huwae raphael.bianco.huwae@unram.ac.id Dwi Ratnasari dwi.ratnasari@unram.ac.id Andy Hidayat Jatmika andy@unram.ac.id I Gde Putu Wirarama Wedashwara Wirawan wirarama@unram.ac.id <p>UPT Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Mataram merupakan salah satu tempat/pusat untuk melakukan pemantauan terhadap semua jaringan yang berada di lingkungan Universitas Mataram. Administrator jaringan memerlukan pemantauan jaringan dalam mengelola jaringan. Kemajuan teknologi memungkinkan pemantauan jaringan menggunakan protokol SNMP yang digabungkan dengan sistem pemantauan menggunakan Zabbix. Tujuan penelitian ini adalah agar administrator jaringan dapat lebih cepat memecahkan masalah dengan memantau jaringan yang ada. Sistem Monitoring ini dapat menampilkan informasi dari perangkat jaringan seperti Data Lalu Lintas, Penggunaan Bandwidth, Temperature, dan Response Time. Hasil dari percobaan yang telah dilakukan telah terbukti mampu memantau jaringan menggunakan Zabbix berbasis SNMP dengan menampilkan hasil yang diharapkan.</p> 2024-03-31T14:17:10+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI) https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/1193 Implementasi Machine Learning dengan Metode Collaborative Filtering dan Content-Based Filtering pada Aplikasi Mobile Travel (Bangkit Academy) 2024-03-31T14:22:09+08:00 Maulana Surya Negara maulanasuryanegara123@gmail.com Ahmad Zafrullah Mardiansyah zaf@unram.ac.id <p>Dalam menghadapi kekurangan talenta digital, Indonesia meluncurkan program Bangkit Academy dengan tujuan melatih peserta dalam berbagai jalur teknologi, termasuk machine learning, cloud computing, dan pengembangan mobile. Salah satu hasilnya adalah aplikasi "DestiMate" yang dikembangkan oleh tim CH2-PS452, sebuah platform cerdas berbasis Android untuk merekomendasikan tempat wisata dan resort menggunakan teknologi machine learning. Proyek ini merespons tantangan dalam memilih destinasi dan akomodasi yang sesuai dengan preferensi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, dengan menghadirkan solusi berupa sistem rekomendasi yang mempertimbangkan keberagaman preferensi pengguna dan kekayaan tempat wisata Indonesia. Diharapkan bahwa "DestiMate" dapat meningkatkan travel experience, mempromosikan Indonesia sebagai destinasi wisata unggulan, dan memberikan nilai tambah bagi industri pariwisata Indonesia.</p> 2024-03-31T14:20:30+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI)