SISTEM INFORMASI PENGARSIPAN SURAT SDN 26 MATARAM

  • Putu Ayu Desi Anggara Santi Universitas Mataram
Keywords: Sistem Informasi, Arsip Surat, PHP, MySQL

Abstract

Di era globalisasi ini perkembangan teknologi dari waktu ke waktu begitu pesat hingga membuat pekerjaan manusia dipermudah dengan adanya teknologi saat ini, yang pada umumnya akan diselesaikan dengan cepat. Teknologi merupakan salah satu alat bantu yang sering digunakan pada aktivitas manusia, yang mana perannya begitu penting seperti halnya dalam mendapatkan suatu informasi dengan cepat ataupun mendata suatu informasi []. Dari peran ini, teknologi mampu mengolah suatu data dengan efisien dan terstruktur sehingga dapat bermanfaat bagi pengguna teknologi. Pengolahan data begitu perlu dilakukan pada setiap instansi ataupun organisasi yang mana data yang bernilai informasi mampu meningkatkan produktivitas pekerjaan, waktu dan biaya.

SDN 26 Mataram merupakan sekolah dasar negeri yang melayani pengajaran jenjang pendidikan dasar di Kota Mataram. SDN 26 Mataram hanya seorang operator yang mengelola semua data pada sekolah tersebut sehingga akan kewalahan dalam pendataannya. Pada SDN 26 Mataram ini memiliki cukup banyak data dalam hal pengarsipan surat, baik surat masuk maupun surat keluar.

Pengarsipan surat secara manual dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan terjadinya penumpukan data arsip yang ada, baik itu surat masuk dan surat keluar. Sehingga dapat menyulitkan dalam mencari suatu data surat yang telah lama. Selain itu, arsip surat juga akan memakan ruang jika terus dilakukan secara manual.

Sistem informasi merupakan suatu sistem yang menyediakan informasi untuk memanajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, yang mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari manusia, sistem informasi, dan prosedur-prosedur yang terorganisasi []. Dengan adanya sistem informasi dapat mempermudah dalam melakukan pendataan atau pengelolaan dari sistem yang akan dibuat nantinya.

Maka dari itu, pada Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini dibuat sebuah sistem informasi pengarsipan surat untuk dapat mempermudah dalam melakukan pengarsipan, pendataan serta pengelolaan berkas-berkas surat yang ada serta membuat proses pengarsipan lebih mudah dan lebih efektif, karena pengarsipan surat dapat dilakukan dengan waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan cara manual.

Published
2020-07-27
Section
Articles