Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Sekolah Dasar Negeri 26 Mataram

  • Nanda Wafiya unram
Keywords: sistem informasi, perpustakaan, php, mysql

Abstract

Sekolah Dasar Negeri 26 merupakan sekolah dasar negeri yang berada di kota Mataram. Sebagai salah satu sekolah dasar, yang bertujuan untuk mencerdaskan dan membuat siswa gemar membaca buku, tentunya Sekolah Dasar Negeri 26 Mataram memiliki perpustakaan sebagai penunjang untuk mencapai tujuan tersebut.  

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang ada di sekolah sebagai sarana pendidikan untuk menunjang pencapaian tujuan pendidikan prasekolah, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah serta memberi pelayanan kepada murid dan guru dalam proses belajar mengajar (Soeatminah, 2013:12)

Perpustakaan di Sekolah Dasar Negeri 26 Mataram saat ini sudah terkomputerisasi. Dimana data-data buku, anggota, peminjaman dan  pengembalian diolah menggunakan excel. Pengolahan data menggunakan excel masih kurang tepat untuk digunakan. Salah satu kekurangannya yaitu dalam menginput data. Data yang akan diinput  masih harus diinput secara manual atau satu per satu. Hal ini tentu saja akan menyebabkan pengolahan data yang memakan waktu yang lama.

Sistem informasi merupakan kombinasi teratur dari orang-orang, perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komunikasi, dan sumber daya yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi. Selain itu sistem informasi adalah kombinasi atau gabungan dari orang-orang, perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya yang mampu mengumpulkan, mengolah, mengubah dan menyebarkan informasi dalam sebuah oraganisasi (Yakub,2012).

Sistem informasi ada yang berbasis desktop dan ada yang berbasis website. Seiring perkembangan zaman sistem informasi berbasis desktop semakin banyak ditinggalkan oleh penggunanya karena dirasa kurang fleksibel. Keamanan sistem informasi berbasis desktop masih dianggap lemah sehingga saat ini banyak pengguna yang beralih menggunakan sistem informasi yang berbasis website yang memiliki keamanan lebih ketat karena jika terjadi kebocoran keamanan dapat lebih mudah diperbaiki hanya dengan memperbaiki disatu tempat saja. Selain itu sistem informasi berbasis website juga dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Sistem informasi berbasis website juga tidak hanya dapat diakses melalui pc saja namun dapat juga diakses melalui smartphone dan tablet sehingga sangat fleksibel.

Berdasarkan hal tersebut maka perlu dibuat sistem informasi perpustakaan berbasis website untuk dapat menangani masalah pendataan dan pengolahan data pada perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 26 Mataram. Dengan adanya sistem informasi perpustakaan ini diharapkan dapat memberikan kemudahaan untuk pengolahan data perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 26 Mataram.

Published
2020-07-27
Section
Articles