Sosialisasi Pemasaran Digital Bagi Petani dan UMKM di Desa Mujur, Lombok Tengah, NTB

Digital Marketing Socialization for Farmers and UMKM in Desa Mujur,Lombok Tengah, NTB

  • Gibran Satya Nugraha Dept Informatics Engineering, University of Mataram
  • Ramaditia Dwiyansaputra Dept Informatics Engineering, University of Mataram
  • Fitri Bimantoro Dept Informatics Engineering, University of Mataram
  • Arik Aranta Dept Informatics Engineering, University of Mataram
Keywords: pemasaran digital, kemandirian desa, strategi digital, sosialisasi teknologi, optimasi pendapatan lokal

Abstract

Upaya Pemerintah Republik Indonesia dalam mendorong kemandirian desa melalui optimalisasi pemasaran hasil bumi menggarisbawahi pentingnya integrasi strategi pemasaran digital di pedesaan. Pengabdian ini mengeksplorasi kasus Desa Mujur di Pulau Lombok, yang dikenal sebagai "bumi Sasak" dan memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Dengan mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani, Desa Mujur menghadapi tantangan dalam memperluas pasar lokalnya, yang sebagian besar terbatas pada penjualan hasil bumi di pasar atau kerja sama dengan toko dan kios lokal. Pengabdian ini menyoroti pentingnya pemasaran digital sebagai alat untuk meningkatkan potensi pendapatan lokal dengan mencapai konsumen di luar wilayah geografis desa. Temuan dari survei Badan Pusat Statistik pada tahun 2022 menunjukkan bahwa penggunaan platform pesan instan, media sosial, dan marketplace merupakan strategi pemasaran digital yang paling banyak digunakan oleh pedagang online. Pengabdian ini menggaris bawahi bagaimana sosialisasi dan pemanfaatan teknologi digital dapat menjadi faktor krusial dalam era digital saat ini, tidak hanya untuk perusahaan besar tetapi juga untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), dalam meningkatkan penjualan dan memperluas pasar dalam lingkungan yang kompetitif. Platform digital seperti media sosial, e-commerce, dan aplikasi mobile menawarkan peluang baru yang belum pernah ada sebelumnya. Proses sosialisasi memungkinkan pelaku usaha memahami dan mengimplementasikan strategi digital yang efektif, termasuk pemasaran digital, SEO (Search Engine Optimizer, dan penggunaan media sosial untuk promosi, serta mengoptimalkan pengelolaan toko online. Oleh karena itu, sosialisasi teknologi dalam penjualan tidak hanya fokus pada adopsi alat baru, tapi juga pada transformasi mindset dan model bisnis, yang esensial untuk pertumbuhan dan keberlangsungan usaha di masa depan.

Published
2024-03-31
Section
Articles