Implementasi Machine Learning dengan Metode Collaborative Filtering dan Content-Based Filtering pada Aplikasi Mobile Travel (Bangkit Academy)

Implementation of Machine Learning with Collaborative Filtering and Content-Based Filtering Methods in Mobile Travel Application (Bangkit Academy)

  • Maulana Surya Negara Universitas Mataram
  • Ahmad Zafrullah Mardiansyah Universitas Mataram
Keywords: Machine Learning, Neural Network, Recommender System, Content-Based Filtering, Collaborative Filtering

Abstract

Dalam menghadapi kekurangan talenta digital, Indonesia meluncurkan program Bangkit Academy dengan tujuan melatih peserta dalam berbagai jalur teknologi, termasuk machine learning, cloud computing, dan pengembangan mobile. Salah satu hasilnya adalah aplikasi "DestiMate" yang dikembangkan oleh tim CH2-PS452, sebuah platform cerdas berbasis Android untuk merekomendasikan tempat wisata dan resort menggunakan teknologi machine learning. Proyek ini merespons tantangan dalam memilih destinasi dan akomodasi yang sesuai dengan preferensi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, dengan menghadirkan solusi berupa sistem rekomendasi yang mempertimbangkan keberagaman preferensi pengguna dan kekayaan tempat wisata Indonesia. Diharapkan bahwa "DestiMate" dapat meningkatkan travel experience, mempromosikan Indonesia sebagai destinasi wisata unggulan, dan memberikan nilai tambah bagi industri pariwisata Indonesia.

Published
2024-03-31
Section
Articles