Pemasangan Perangkat Penguat Daya GSM Di Jalur Menuju Air Terjun Segenter Lombok Barat

  • Budi Irmawati University of Mataram
  • Cahyo Mustiko OM
  • Wirararama Wedashwara
  • Ahmad Zafrullah
  • Ramaditia Dwiyansaputra
  • Ario Yudo Husodo
Keywords: Air terjun Segenter, Penguat GSM, Tahura Nuraksa, Wisata edukasi, Wisata kampung

Abstract

Konsep wisata kampung akhir-akhir ini mulai diminati. Wisata tersebut mengemas pemandangan alam dan kegiatan masyarakat di suatu wilayah sebagai obyek yang dijual baik untuk relaksasi maupun sebagai kemasan pendidikan. Pada konsep tersebut, wisatawan dapat mengikuti sebuah route yang disusun mengitari beberapa kampung dan pinggiran hutan sambil melihat kegiatan masyarakat di area tersebut. Wisatawan dapat berhenti atau bahkan menginap di pemukiman penduduk untuk merasakan sensasi sebagai orang kampung.

Tahura Nuraksa, terletak di kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa yang terletak di dusun Kumbi, desa Pakuan, Lombok Barat, sangat berpotensi untuk dikelola menjadi salah satu kampung wisata di Lombok seperti yang diuraikan pada paragraf pertama. Ia memiliki air terjun, goa, pura, danau, hutan, dan juga camping ground. Camping ground ini sering digunakan untuk kegiatan outbond dan perkemahan. Juga terdapat area memanah, flying fox, dan kolam renang anak-anak. Salah satu spot yang menarik di kawasan tersebut adalah air terjun Segenter. Namun area tersebut belum tersentuh jaringan komunikasi. Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan wisatawan terutama untuk berkomunikasi dan update status, jaringan nirkabel merupakan fasilitas utama bagi wisatawan dengan konsep tersebut.

Oleh sebab itu, kegiatan pengabdian ini memasang sebuah penguat sinyal GSM pada jalur menuju air terjun tersebut.
Saat ini, komunikasi telah dapat dilakukan di area menuju air terjun menggunakan beberapa provider GSM. Permasalahan yang belum berhasil ditangani adalah kelemahan sinyal ketika cuaca mendung.

Published
2021-03-31
Section
Articles