Rancangan Course Kolaboratif Dan Edukatif Menggunakan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Blended Learning Serta Pengenalan Hibah Spada Unram Bagi Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram

  • Aisyah Khairun Nisa PSTI FT UNRAM
  • Nadiyasari Agitha
  • Mala Mardialina
Keywords: Teknologi Informasi, E-Learning, Sosialisasi Hibah SPADA, Daring SPADA, Hubungan Internasional

Abstract

Dengan kemajuan teknologi diberbagai bidang kehidupan manusia terutama pada bidang Pendidikan membuat proses belajar mengajar semakin mudah dilakukan dimana pun, kapan pun dan oleh siapapun. E-learning adalah salah satu contoh kemajuan dibidang Pendidikan yang memudahkan proses belajar dilakukan secara daring, hal ini tentu saja membawa banyak dampak positif terutama ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan proses belajar dilakukan secara face to face. E-learning yang paling banyak digunakan pada perguruan tinggi yaitu Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) dimana dosen dapat membuat sebuah course online yang dapat disi dengan berbagai macam file pelajaran, melangsungkan quiz serta dapat memberikan assignment secara online. Namun dengan minimnya pengetahuan Program Studi Hubungan Internasional mengenai SPADA banyak course yang tidak bersifat kolaboratif dan edukatif, oleh karena itu penulis merancang sebuah desain kelas kolaboratif dan edukatif bagi Program Studi Hubungan Internasional dan juga memperkenalkan program Hibah SPADA untuk meningkatkan kualitas dan kreatifitas para dosen dalam menjalankan kelas online. Berdasarkan rancangan kelas yang telah di realisasikan dan sosialisasi pengenalan program Hibah SPADA dilakukan evaluasi pemahaman dan kepuasan dosen dengan penyebaran kuesioner dan didapatkan hasil akhir bahwa para dosen puas atas rancangan kelas yang telah di realisasikan dan paham mengenai tata cara dan tahapan mengikuti program Hibah SPADA.

Published
2022-03-31
Section
Articles