PENGEMBANGAN WEBSITE SURVEI KEPUASAN PENGGUNA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MATARAM
Design and Development of User Satisfaction Survey at RSUD Kota Mataram
Abstract
Pelayanan kesehatan berkualitas dan memuaskan merupakan elemen vital dalam aspek perawatan pasien. Rumah Sakit bertanggung jawab menyediakan layanan yang aman, efektif, dan sesuai kebutuhan pasien. Oleh karena itu, survei kepuasan pasien menjadi relevan dalam konteks rumah sakit. Namun, studi ini mengungkapkan kekurangan dalam layanan survei kepuasan di Website Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram. Walaupun ada aplikasi mobile SiPasti RSUD Kota Mataram yang memfasilitasi pengaduan pengguna, keterbatasan ini menghambat pengguna yang ingin memberikan tanggapan atau saran secara online. Terutama, ketersediaan aplikasi hanya pada platform Android menjadi kendala. Banyak pengguna mengeluhkan hal ini dan menyatakan perlunya peningkatan layanan survei di website rumah sakit. Sebagai solusi, disarankan agar Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram mengembangkan Halaman Survei Kepuasan Pengguna Berbasis Web untuk mengatasi kendala tersebut. Dari pengabdian yang telah dilakukan, dihasilkanlah sebuah web survei yang telah menjadi prototype bagi pihak rumah sakit untuk mengembangkan halaman survei dari RSUD Kota Mataram. Dengan adanya sistem ini, pengguna dapat memberikan masukan dan saran terhadap pihak rumah sakit secara lebih personal yang akan dapat meningkatkan pelayanan di RSUD Kota Mataram.