Pelatihan Desain Grafis Untuk Masyarakat Pelaku Wisata Di Lombok

Graphic Design Training for Tourism Communities In Lombok

  • Ida Bagus Ketut Widiartha Universitas Mataram
  • Royana Afwani Universitas Mataram
  • Fitri Bimantoro Universitas Mataram
  • Ario Yudo Husodo Universitas Mataram
  • Nadiyasari Agitha Universitas Mataram
Keywords: Personal branding, sosial media, promosi, Komputer grafis, Peningkatan kesejahteraan

Abstract

Lombok merupakan salah satu tujuan wisata utama yang ada di Indonesia, keindahan alamnya tidak kalah dengan Bali yang sudah terlebih dahulu terkenal di Manca Negara. Keberagaman budaya dan produk lokal yang dimiliki juga sangat banyak dan mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisata.

Promosi yang dilakukan oleh pemerintah tidak dapat mengakomodir semua obyek wisata dan mempromosikan produk lokal dari masyarakat tersebut, karena seiring dengan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pariwisata dalam meningkatkan kesejahteraan, banyak sekali muncul obyek wisata baru dan produk- produk baru yang tidak tersentuh oleh promosi pemerintah. Dan promosi yang dilakukan secara konvensional membutuhkan biaya yang sangat mahal. Diera digital saat ini media sosial, memegang peranan sangat penting dalam mempromosikan sesuatu. Selain kemampuannya untuk mempromosikan produk ataupun obyek, media sosial juga bisa digunakan untuk membuat personal branding yang pada hilirnya dapat mendatangkan keuntungan materi.

Untuk membuat konten yang menarik perlu pelatihan ketrampilan kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam membuat konten yang ditampilkan dalam media sosial sehingga lebih banyak orang melihat dan berkomentar yang pada akhirnya dapat menjadi media promosi yang murah

Published
2023-09-30
Section
Articles