PELATIHAN ROBOTIK DAN PEMROGRAMAN BLOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR STEM SEJAK DINI

Robotics and Block Programming Training to Enhance Interest in STEM Learning from an Early Age

  • I Wayan Agus Arimbawa Universitas Mataram
  • Heri Wijayanto Universitas Mataram
  • Andy Hidayat Jatmika Universitas Mataram
  • Raphael Bianco Huwae Universitas Mataram
  • Dimas Maulana Rizky Universitas Mataram
  • I Nengah Dwi Putra Witarsana Universitas Mataram
  • Rizky Insania Ramadhani Universitas Mataram
  • Nurul Qalbi Zahrani Universitas Mataram
Keywords: Edukasi, Robotik, STEM, Scratch, Pemrograman

Abstract

Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar dalam bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) melalui pelatihan robotik dan pemrograman blok. Mengingat rendahnya pencapaian siswa Indonesia dalam studi internasional seperti TIMSS dan PISA, pendekatan ini diharapkan dapat memberikan solusi inovatif yang mampu memotivasi siswa sejak dini. Metode pengabdian meliputi pelatihan praktis dalam dua modul utama: pengenalan robotik dan pemrograman menggunakan Scratch. Pelatihan ini melibatkan 22 siswa dari SDN Model Mataram, yang dilaksanakan dari 31 Juli 2024 hingga 29 Agustus 2024, dengan frekuensi pertemuan dua kali seminggu selama 60 menit setiap sesi, di bawah bimbingan tim mentor. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 59,1% peserta sangat tertarik dan 31,8% tertarik pada pembelajaran robotik, sementara untuk pemrograman blok, 68,2% merasa sangat menarik dan 31,8% tertarik. Secara keseluruhan, 63,6% peserta sangat tertarik dengan kegiatan, meskipun ada 10% yang merasa tidak tertarik. Dalam kegiatan ekstrakurikuler robotik dan coding, 68,2% peserta sangat tertarik dan 22,7% tertarik. Selain itu, terjadi peningkatan pemahaman siswa dengan kenaikan nilai sebesar 26% dari pre-test ke posttest. Kesimpulannya, pelatihan ini efektif dalam meningkatkan minat dan kompetensi STEM siswa, serta berpotensi menjadi model pembelajaran yang inovatif di tingkat dasar.

Published
2024-09-30
Section
Articles