SOSIALISASI PEMASARAN DIGITAL BAGI PELAKU UMKM DI DESA JURIT, LOMBOK TIMUR, NTB

Digital Marketing Socialization for Small and Medium Enterprises on Jurit Village East lombok

  • Fitri Bimantoro Dept Informatics Engineering, Mataram University
  • I Gede Pasek Suta Wijaya Dept Informatics Engineering, Mataram University
  • Ramaditia Dwiyansaputra
  • Gibran Satya Nugraha Dept Informatics Engineering, Mataram University
  • Ario Yudo Husodo Dept Informatics Engineering, Mataram University
  • Mohammad Zaenuddin Hamidi Dept Informatics Engineering, Mataram University
  • Halil Akhyar Dept Informatics Engineering, Mataram University
  • Riski Darmawan Dept Informatics Engineering, Mataram University
Keywords: Desa, Digital, Marketing, Strategi, Usaha

Abstract

Terletak di sebelah Selatan kaki gunung Rinjani, desa Jurit yang terletak di Lombok Timur merupakan salah satu desa yang memiliki sumber daya yang melimpah. Desa Jurit dengan mayoritas petani memiliki produk unggulan berupa Nanas. Saat ini, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, tentu penggunaan teknologi menjadi salah satu faktor yang mampu mendongkrak kualitas hidup Masyarakat pada umumnya. Tentu hal itu juga menjadi fokus utama pengabdian di desa Jurit, yakni akan menyoroti tentang penggunaan digital marketing sebagai alat untuk meningkatkan penjualan berbasis digital, tentunya harapannya dapat meningkatkan pendapatan para petani dan pelaku usaha kecil dan menengah yang ada di desa Jurit. Pada prosesnya, sosialisasi ini memperkenalkan dan melatih pelaku usaha untuk menggunakan media pemasaran seperti media sosial, e-commerce, dan aplikasi mobile lainnya, dengan tujuan pelaku usaha mampu memahami dan menggunakan strategi digital yang baik seperti pemasaran digital, search engine optimizer, penggunaan media sosial dan tentunya e-commerce. Sehingga pada praktiknya, kegiatan ini tidak hanya berfokus pada cara penggunaan teknolginya, namun juga bagaimana mengenalkan dan menanamkan mindset dan model bisnis digital yang akan membantu peningkatan dan keberlangsungan pelaku usaha pada masa depan.

Published
2024-09-30
Section
Articles