SISTEM INFORMASI PELAYANAN DAN PELAPORAN SISWA SMAN 5 MATARAM
Student Service and Reporting Information System of SMAN 5 Mataram
Abstract
SMA Negeri 5 Mataram, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Dalam peningkatan kualitas sekolah, SMA Negeri 5 Mataram bersama pegawai, guru dan petinggi melakukan pembahasan satu kali setahun. Pentingnya peningkatan kualitas membuat sekolah membutuhkan masukan berupa pelaporan atau keluhan dari para siswa. Untuk memudahkan sekolah dalam mendapatkan laporan dari siswa maka perlu dibuat sistem informasi yang dapat digunakan siswa untuk melaporkan atau keluhan. Maka dibuat Sistem Informasi Pelayanan dan Pelaporan Siswa berbasis web yang dirancang untuk membantu sekolah dalam membantu siswa dalam menyapikan laporannya kepada sekolah. Sistem informasi ini dibangun menggunakan metode waterfall yang mencakup analisis, desain, pengkodean, pengujian dan pemeliharaan. Pembuatan sistem informasi ini menggunakan framework PHP yaitu Laravel dengan penyimpanan menggunakan basis data MySQL. Hasil dari PKL ini menunjukan bahwa sistem informasi ini dapat membantu sekolah dalam masukan laporan dari siswa tentang apa saja yang harus ditingkatkan sekolah untuk meningkatkan kualitas sekolah. Sehingga berdasarkan laporan tersebut sekolah mampu meningkatkan kualitasnya secara tepat sasaran