Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zoom Untuk Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 10 Cakranegara

Training on Using Zoom Application for Online Learning Process During The Covid-19 Pandemic at SD Negeri 10 Cakranegara

  • Ramaditia Dwiyansaputra
  • I Gede Pasek Suta Wijaya Program Studi Teknik Informatika, Universitas Mataram
  • Fitri Bimantoro Program Studi Teknik Informatika, Universitas Mataram
  • Gibran Satya Nugraha Program Studi Teknik Informatika, Universitas Mataram
  • Arik Aranta Program Studi Teknik Informatika, Universitas Mataram
Keywords: Aplikasi Zoom, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Jarak Jauh, PJJ, Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang besar dan mendorong banyak perubahan dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat, termasuk juga dalam hal pendidikan. Di Indonesia, sekolah-sekolah diharuskan untuk mengubah proses pembelajaran yang lazimnya dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung dalam sebuah kelas, menjadi pembelajaran secara daring atau pembelajaran jarak jauh untuk mencegah penularan Covid-19. Namun, proses pembelajaran daring ini mengalami kendala karena masih kurangnya pemahaman dan keterampilan guru atau tenaga pengajar dalam memilih dan mengelola media pembelajaran daring yang berbasiskan teknologi. Untuk membantu mengatasi kendala ini, maka perlu untuk dilakukan kegiatan pelatihan untuk para guru agar dapat menggunakan salah satu aplikasi yang cukup mudah dan dapat membantu proses pembelajaran daring yakni aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di salah satu SD Negeri di Kota Mataram, yaitu SD Negeri 10 Cakranegara. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, tutorial, diskusi dan juga praktik. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah para guru mendapatkan pemahaman dan memiliki keterampilan untuk mengelola dan melaksanakan metode pembelajaran daring menggunakan aplikasi Zoom sehingga proses pembelajaran jarak jauh pada era pandemi ini dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Published
2021-03-31
Section
Articles