Penyuluhan Penggunaan Sosial Media Untuk Kepariwisataan Desa Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, NTB
Counseling the Use of Social Media For Tourism in Batulayar, Lombok Barat, NTB
Abstract
Sosial media adalaha salah satu alternatif yang digunakan para pelancong untuk mempublikasikan keindahan lokasi wisata yang mereka kunjungi, terutama yang ada di pulau Lombok. Media sosial yang banyak digunakan warga Desa Batulayar adalah Facebook dan Instagram. Mengenai daerah wisata, walaupun Desa Batulayar tidak memiliki daerah pantai namun Desa Batulayar memiliki pariwisata yang cukup menjanjikan yaitu Embung Teloke yang ada di Dusun Orong. Namun masih banyak masyarakat luar yang tidak mengetahui keberadaan Embung Teloke ini. Dikarenakan belum sadarnya masyarakat akan kegunaan sosial media untuk menyebarluaskan informasi daerah wisata yang mereka miliki. Sedikitnya warga masyarakat yang berperan dalam menyebarkan informasi melalui sosial media juga menjadi kendala kurang terkenalnya daerah wisata di Desa Batulayar. Dari permasalahan yang sudah dijelaskan tersebut dibutuhkan sebuah kegiatan penyuluhan yang berkaitan dengan penggunaan media sosial untuk mempromosikan daerah-daerah wisata khsususnya di Desa Batulayar. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu warga Desa Batulayar untuk lebih aktif dalam menggunakan sosial media yang dimilikinya untuk mempromosikan daerah wisata di Batulayar sehingga tempat-tempat wisata tersebut akan ramai dikunjungi yang tentunya akan meningkatkan pendapatan warga. Melalui kegiatan penyuluhan penggunaan sosial media untuk kepariwisataan ini target luaran yang diharapkan adalah masyarakat dapat memanfaatkan sosial media dalam melakukan promosi secara tepat,