Pengenalan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratch Bagi Siswa SD 13 Mataram
Introduction to Algorithm and Programming using Scratch application for students in SD 13 Mataram
Abstract
Perkembangan industri yang mengarah kepada industri 4.0 dimana komputer berperan penting di hampir semua aspek kehidupan, membawa kepada perlunya pengenalan dunia komputer khususnya pemrograman bagi anak-anak usia sekolah. Hal ini sebagai langkah awal untuk mempersiapkan mereka untuk menghadapi era industri 4.0. Namun masalah yang muncul adalah bagaimana memperkenalkan pemrograman dengan cara yang menyenangkan tanpa menghilangkan esensi apa yang akan disampaikan. Salah satu aplikasi pemrograman komputer yang didesain khusus untuk anak usia 8 sampai 16 tahun adalah Scratch. Scratch dirancang untuk bermain, pembelajaran sendiri dan animasi. Berbeda dengan bahasa pemrograman yang biasanya berbasis teks, Scratch menggunakan grafik untuk mengajarkan logika pemrograman kepada anak. Hal ini membuat anak-anak lebih mudah belajar pemrograman tanpa harus disibukkan dengan kerumitan penulisan sintaks dalam bahasa pemrograman pada umumnya. Kegiatan ini mengenalkan dan menjelaskan algoritma pemrograman pada anak usia tingkat dasar dengan bantuan aplikasi Scratch. Kegiatan ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 13 Mataram. Kegiatan dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu memberikan penyuluhan tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan Covid-19, pengisian kuesioner awal, pemberian materi pengenalan algoritma pemrograman disertai dengan penggunaan drone sebagai contoh, dan diakhiri dengan pengisian kuesioner akhir. Hasil kuesioner memperlihatkan ada peningkatan pengetahuan siswa dari sebelum dan sesudah dilaksanakan kegiatan ini.