Sosialisasi dan Pengembangan Course Kolaboratif dan Edukatif Pada Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Blended Learning Bagi Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram

  • Ni Nyoman Wahyuni Indraswari PSTI FT UNRAM
  • Nadiyasari Agitha
  • Mala Mardialina
Keywords: SPADA, Universitas Mataram, LPMPP, blended learning, kuesioner

Abstract

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram (PRODI HI UNRAM) saat ini sedang mempersiapkan SPADA untuk turut serta membantu mencapai target LPMPP Universitas Mataram sekaligus sebagai alternatif metode pembelajaran jarak jauh. Namun, masalah utamanya adalah minimnya pemahaman dan akses informasi dosen dan mahasiswa terkait penggunaan fitur-fitur moodle pada website http://daring.unram.ac.id. Oleh karena itu perlu diadakannya sosialisasi untuk membantu pengembangan course kolaboratif dan edukatif Program Studi Hubungan Internasional dengan menggunakan blended learning. Pengembangan course kolaboratif dan edukatif dimulai dari perancangan modul setiap fitur-fitur selama 7 minggu. Sosialisasi modul course dengan dosen dilaksanakan sebanyak 2 sesi secara offline dan online. Sedangkan untuk sosialisasi modul course dengan mahasiswa dilaksanakan sebanyak 4 sesi secara offline. Untuk mengukur tingkat pemahaman dosen dan mahasiswa terkait modul course, diadakan pengisian kuesioner sebelum dan sesudah sosialisasi. Hasil dari perbandingan kuesioner tersebut menunjukan bahwa sosialisasi penggunaan SPADA terbukti efektif terlihat dari peningkatan persentase kuesioner pada pengujian pemahaman dosen dan mahasiswa terkait kefektifan SPADA yang berkisar antara 16.7 sampai 20% pada tingkat paham (P) dan 33.3 sampai 35% pada tingkat sangat paham (SP).

Published
2021-09-29
Section
Articles