Pembuatan Sistem Informasi Pengarsipan Surat Pada Kantor Desa Sandik Berbasis Website
Abstract
Di era globalisasi ini perkembangan teknologi dari waktu ke waktu begitu pesat sehingga membuat pekerjaan manusia dipermudah dengan adanya teknologi saat ini, yang pada umumnya akan diselesaikan dengan cepat. Teknologi informasi pada bidang instansi mampu menjadi salah satu media pengetahuan dan pengelolaan informasi manajemen. Kantor Desa Sandik merupakan kantor milik pemerintah daerah yang terletak di Desa Sandik, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat yang melayani masyarakat dalam melakukan semua hal yang berkaitan dengan urusan pemerintahan. Pada Kantor Desa Sandik ini memiliki cukup banyak data dalam hal pengarsipan surat, baik surat masuk maupun surat keluar. Namun pengarsipan surat masih secara manual sehingga dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan terjadinya penumpukan data arsip yang ada, baik itu surat masuk dan surat keluar. Maka dari itu dibuatlah sebuah sistem informasi pengarsipan surat pada Kantor Desa Sandik. Metode yang digunakan adalah waterfall dengan beberapa tahapan yang runtut dari analisis kebutuhan, desain sistem, coding dan testing, penerapan program, serta pemeliharaan. Pengujian menggunakan user acceptance testing yang di dalamnya terdapat pengujian black box dan kuesioner. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, maka didapatkan hasil bahwa 5 responden yang mengisi kuisioner yang merupakan pegawai setuju dengan sistem informasi pengarsipan surat yang telah dibuat.