Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web Untuk Meningkatkan Layanan Administratif Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram Di Era Pandemi Covid-19

  • Andy Hidayat Jatmika Teknik Informatika Universitas Mataram
  • Ariyan Zubaidi
  • Ahmad Zafrullah Mardiansyah
  • Ari Hernawan
  • I Gde Putu Wirarama Wedashwara

Abstract

Salah satu layanan administratif di Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram adalah layanan administratif Praktek Kerja Lapangan (PKL). PKL merupakan salah satu mata kuliah wajib dengan bobot 2 (dua) SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Teknik Informatika. dimana pelaksanaannya langsung di lapangan, industri ataupun instansi, sehingga mahasiswa diwajibkan untuk menyelesikan proses administrasi seperti pendaftaran PKL hingga surat menyurat ke instansi yang dituju.

Di masa pandemi Covid-19 ini, layanan harus dilakukan secara daring. Namun layanan administratif yang dilakukan secara daring tersebut masih belum optimal karena dilakukan melalui media seperti Website, Email dan WhatsApp yang tentu saja dilihat dari sudut pandang manajemen pengelolaan tidak terlalu baik.

Permasalahan yang ada saat ini adalah pencatatan dan penyimpanan data mahasiswa PKL kurang terstruktur dan kurang rapi, memerlukan waktu yang lama dalam hal pencarian data mahasiswa yang akan melakukan kegiatan PKL dan mahasiswa yang sudah melakukan kegiatan PKL pada tahun sebelumnya, adanya redudansi data sehingga data tidak konsisten. Disamping itu, dikarenakan adanya aturan dari pemerintah untuk melaksanakan kegiatan secara daring, prosedur layanan menggunakan media Email dan WhatsApp masih merepotkan dan tidak optimal.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengembangkan sebuah sistem informasi manajemen praktek kerja lapangan berbasis web yang dapat diakses kapan saja dimana saja sehingga memberikan solusi terbaik terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di Prodi Teknik Informatika Unram. Selain itu, sistem informasi manajemen praktek kerja lapangan tersebut dapat melakukan serangkaian aktifitas pengolahan data yang dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pengelola prodi maupun mahasiswa.

Keywords: sistem informasi, website, praktek kerja lapangan, teknologi, pendidikan

Published
2021-09-29
Section
Articles