Sistem Informasi Penggunaan Ruang Khusus dan Ruang Sidang Berbasis Website pada FKIP Universitas Mataram

  • David Arizaldi Muhammad PSTI FT UNRAM
  • I Gede Pasek Suta Wijaya
  • Gunawan
Keywords: Sistem Informasi, Ruang, Website, Metode Waterfall, User Acceptance Testing

Abstract

Perkembangan teknologi informasi berkembang dengan pesat di era digital ini. Salah satu sektor yang dapat memanfaatkan teknologi ini adalah sektor pendidikan, khususnya administrasi pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) adalah salah satu fakultas di Universitas Mataram yang menampung lebih dari 6000 mahasiswa. Pengelolaan penggunaan ruang khusus dan ruang sidang pada FKIP Universitas Mataram masih dilakukan secara manual, padahal FKIP Universitas Mataram memiliki 14 gedung yang dibagi ke 13 program studi berbeda. Pengelolaan penggunaan ruangan secara manual dapat menyebabkan terjadinya tabrakan jadwal antara beberapa pengguna yang ingin menggunakan ruang-ruang tersebut. Oleh karena itu sistem informasi penggunaan ruang khusus dan ruang sidang berbasis website ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pengelolaan penggunaan ruangan tersebut. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem yaitu metode waterfall dengan tahapan dari analisis kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program, sampai penerapan program dan pemeliharaan. Pengujian sistem dilakukan dengan user acceptance yaitu black box testing dan kuesioner yang dijawab oleh admin dan tim IT FKIP Universitas Mataram yang menghasilkan 100% persetujuan bahwa sistem telah memenuhi kebutuhan FKIP Universitas Mataram, mempermudah pengelolaan ruangan, mudah digunakan dan mudah dibaca dalam hal desainnya.

Published
2022-03-31
Section
Articles