Optimalisasi Sistem Informasi PKL Program Studi Teknik Informatika FT Unram Untuk Mempercepat Proses Pengolahan Data Dan Pelaporan Bagi Pengelola Prodi, Serta Proses Pembimbingan Bagi Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19

  • Andy Hidayat Jatmika Teknik Informatika Universitas Mataram
  • Ahmad Zafrullah Mardiansyah
  • Heri Wijayanto
  • Ari Hernawan
  • Noor Alamsyah

Abstract

Banyak permasalahan dijumpai dalam hal pengajuan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Program Studi Teknik Informatika (PSTI) Fakultas Teknik Universitas Mataram, seperti proses pengajuan dokumen persyaratan PKL masih dilakukan secara manual yaitu menggunakan blanko yang harus dicetak sehingga rentan akan kerusakan dan kehilangan. Pencatatan data mahasiswa yang mengajukan masih dilakukan secara manual. Dari sisi pengelola prodi, teknik manual masih merepotkan karena semua berkas-berkas masih disimpan dalam map dan belum terdapat penyimpanan khusus, sehingga rawan hilang dan tercampur dengan berkas lainnya. Disamping itu, ketika mencari suatu berkas tertentu, harus mencari satu persatu di dalam tumpukan berkas lainnya. Mahasiswa juga harus antri di loket prodi ketika terdapat banyak mahasiswa yang melakukan pengajuan PKL di waktu yang sama sehingga dari sisi staf prodi dan mahasiswa akan membutuhkan waktu yang lama. Pihak program studi juga masih kesulitan dalam hal pelaporan statistik beban bimbingan dosen dari mahasiswa PKL sehingga terkadang terdapat dosen yang beban bimbingan sangat banyak dan ada juga yang beban bimbingannya sedikit, membuat distribusi beban dosen tidak merata.

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu memberikan solusi terhadap permasalahan program studi dalam hal manajemen administratif pengurusan PKL yaitu dengan membuat sebuah sistem informasi berbasis web yang terdapat fitur-fitur sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) PKL. Mahasiswa dapat melakukan pengajuan PKL secara online seperti meminta persetujuan dosen PA, mencetak surat pengantar secara mandiri, hingga seminar PKL. Pihak Prodi juga dapat terbantu karena semua berkas tersimpan di dalam basis data sistem dan mempermudah dalam hal pembuatan laporan statistik PKL.

Keywords: sistem informasi, website, praktek kerja lapangan, teknologi, pendidikan.

Published
2023-03-31
Section
Articles