Sosialisasi Pemanfaatan Internet Sebagai Media Enterpreneur Bagi Siswa/Siswi SMAN 1 Narmada

  • Sri Endang Anjarwani
  • Royana Afwani
  • I Gede Pasek Suta Wijaya
  • Moh. Ali Albar
  • Andy Hidayat Jatmika
Keywords: Internet, Enterpreneur, E-Commrerce, dan Teknologi Informasii

Abstract

 

SMA Negeri 1 Narmada  merupakan salah satu sekolah tertua di Kabupaten Lombok Barat yang terakreditasi A. Teknologi informasi yaitu internet menjadi primadona baru dalam komunikasi antar manusia, dalam penggunaannya, internet menawarkan banyak manfaat dan kemudahan sebagai sumber informasi, menyediakan banyak informasi yang dapat diakses dengan mudah dan cepat. Dalam  bisnis maupun investasi menjadikan sumber penghasilan bagi masyarakat. Pengguna e-commerce di Indonesia semakin meningkat dengan adanya internet.

Berdasarkan nilai-nilai positif dari penggunaan  internet terutama munculnya website e-commerce diharapkan para siswa siswi SMUN 1 Narmada dapat memiliki jiwa enterpreneur dimulai dari mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan tambahan pengetahuan tentang internet, baik dari sisi teknologi maupun cara pemanfaatannya, memperkenalkan beberapa fasilitas maupun konten yang terdapat dalam internet dan memberikan tambahan pengetahuan dalam pemanfaatan untuk berbisnis.

Berdasarkan hasil pemantauan pada saat sosialisasi dan mengamati siswa yang mengakses internet, maka tim pengabdian masyarakat menemukan beberapa indikator yang  positif, antara lain bahwa kegiatan mengakses internet telah terfasilitasi dengan baik oleh pihak sekolah serta selama sosialisasi peserta mengikuti dengan sangat antusias. Hal ini terlihat dari ketekunan mengikuti acara sampai selesai, banyak pertanyaan peserta, dan respon peserta terhadap materi yang disampaikan, bahkan beberapa siswa  langsung mempraktekan membuat toko online dengan  smartphone mereka.

Published
2023-03-31
Section
Articles