Pelatihan Pemanfaatan Media Digital Untuk Berwirausaha Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Ibu-Ibu PKK Dan Karang Taruna Desa Aikmel Utara

  • Ariyan Zubaidi Universitas Mataram
  • Andy Hidayat Jatmika Universitas Mataram
  • Wirarama Wedashwara
  • Ahmad Zafrullah Mardiansyah Universitas Mataram
  • Ramaditia Dwiyansaputra Universitas Mataram
  • Raphael Bianco Huwae Universitas Mataram
Keywords: Pelaku Usaha, Media Digital, Copywriting, Business Model Canvas, Canva

Abstract

Terjadinya pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang signifikan khususnya bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat. Pandemi yang terjadi merubah pola kehidupan ekonomi masyarakat di NTB, mulai dari pendapatan yang didapatkan, lapangan kerja, cara masyarakat melakukan pengeluaran sehari-hari, dan cara berbelanja yang paling banyak yaitu belanja makanan, serta munculnya cara belanja online. Kebiasan baru masyarkat berbelanja online dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha atau yang akan memulai usaha untuk melibatkan media digital dalam meningkatkan usahanya sehingga dapat diakses secara online. Kegiatan ini bertujuan mengedukasi dan memberikan keterampilan kepada mitra untuk dapat menganalisis usaha dan terampil membuat konten digital menggunakan aplikasi. Materi yang disampaikan adalah Business Model Canvas (BMC) dan Copywriting. Mitra sangat antusias dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dan mendapat pengetahuan baru untuk memulai usaha dan mempromosikan usahanya. Pelatihan dilanjutkan dengan melakukan pembimbingan secara online selama 2 (dua) minggu pasca pelaksanaan pelatihan

Published
2023-03-31
Section
Articles